Menyambung artikel
sebelumnya di sini akan diperjelas lagi konsep dasar mengenai pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan Java.
ObjekPada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu :
- Setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state
- Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.
Contoh sederhananya adalah : objek sepeda - Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
- Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik, kecepatannya menurun, dan perpindahan gigi sepeda.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek dalam perangkat lunak akan menyimpan state-nya dalam variabel dan menyimpan informasi tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau fungsi-fungsi atau prosedur.
Untuk artikel selanjutnya mengenai class dalam java bisa anda download di sini